Pengoprasian boiler dengan Condensate Recovery

12 Sep 2019

Cara mengoptimalkan Efisiensy Steam Boiler

Cara mengoptimalkan Efisiensy Steam Boiler

Condensat merupakan hasil pengembunan dari steam yang telah mengalami penurunan temperatur dibawah 95-100 deg celcius. Untuk membahas mengenai Condensate steam sangatlah panjang, dibawah ini akan kami jabarkan beserta sistem kerja Mechanical Condensate Pump.

Apa itu Kondensat?

Kondensat adalah cairan yang terbentuk ketika uap mengalami penurunan temperatur atau berubah dari awalnya steam uap menjadi cair. Dalam suatu proses pemanasan yang menggunakan media air baik di steam boiler atau pada proses lainya, kondensat adalah sisa hasil dari transfer uap sebagian energi panasnya, yang dikenal sebagai panas laten, ke produk, saluran, atau peralatan yang dipanaskan.

Proses condesate steam terjadi - Jual Mechanical Condensat Pump
Ketika panas laten uap ditransfer untuk memanaskan produk, uap itu mengembun menjadi air, yang juga dikenal sebagai “kondensat”.

Pengertian Panas Laten vs. Panas Sensible

Dalam dunia industri yang menggunakan steam boiler atau ketel uap untuk proses produksinya, Panas Laten mengacu pada energi yang diperlukan untuk mengubah air menjadi uap, biasa disebut dengan Enthalpy atau Panas Penguapan. Dengan menyerap Panas Laten ini, air menjadi uap, dan dengan melepaskannya, uap kembali menjadi air suhu tinggi (kondensat).

Ketika uap mengembun, pada ambang batas atau saat perubahan fasa, temperatur kondensat sama dengan uap karena hanya panas laten yang telah hilang, dan jumlah keseluruhan panas yang tersedia masih tetap ada. Kondisi ini dikenal sebagai “Air Jenuh”.

Water Changing States

Proses condesate steam terjadi - Jual Mechanical Condensat Pump 1
Perubahan suhu benda padat, cair atau gas menunjukkan peningkatan / penurunan panas yang masuk akal. Perubahan kondisi, seperti es yang berubah menjadi air atau air menjadi uap, menunjukkan peningkatan / penurunan panas laten.

Jika mendapati hasil buangan dari proses pemanasan dengan menggunakan tenaga steam boiler maka akan didapat Condensate hasil buangan, maka condesat tersebut jangan dibuang begitu saja. Membuang Condensate berarti kita juga telah membuang sebagian cost, melainkan dimanfaat kemabali atau merecovery dan menggunakan kembali sebanyak mungkin dari panas yang tersisa ini merupakan salah satu alasan upaya utama di balik Recovery Condensate.

Apa itu Pemulihan Kondensat (Condensate Recovery)? 

Jika 1 ton/h uap disuplai ke mesin yang membutuhkan panas tersebut untuk proses pemanasan, maka jumlah kondensat yang sama (1 ton/jam) juga harus dikeluarkan dari mesin tersebut agar preses transfer steam tidak terhambat pada pipa steam nya.

Condensate Recovery adalah proses untuk menggunakan kembali air dan panas yang masih layak yang terkandung dalam kondensat tersebut. Dengan melakukan Condensate Recovery merupakan salah satu dari upaya penghematan energi, perawatan kimia, dan air make-up yang signifikan.

Kondensat dapat digunakan kembali dengan berbagai cara, misalnya:

  • Sebagai air umpan yang dipanaskan, dengan mengirim kembali kondensat panas ke deaerator boiler
  • Sebagai pemanasan awal, untuk sistem pemanas apa pun yang berlaku
  • Sebagai uap, dengan menggunakan kembali flash steam
  • Seperti air panas, untuk peralatan pembersih atau aplikasi pembersihan lainnya

Manfaat Pemulihan Kondensat

Menggunakan kembali kondensat panas dapat menyebabkan penghematan besar dalam hal energi dan sumber daya air, serta meningkatkan kondisi kerja dan mengurangi jejak karbon pabrik Anda.

  • Mengurangi Biaya Bahan Bakar

Kondensat mengandung sejumlah besar panas yang masuk akal yang dapat mencapai sekitar 10% hingga 30% dari energi panas awal yang terkandung dalam uap.

Memberi makan boiler dengan kondensat suhu tinggi dapat memaksimalkan output boiler karena lebih sedikit energi panas yang diperlukan untuk mengubah air menjadi uap. Ketika dipulihkan dan digunakan kembali secara efisien, bahkan mungkin untuk mengurangi kebutuhan bahan bakar boiler hingga 10 hingga 20%.

  • Biaya terkait Air Rendah

Selama kotoran yang diambil selama pengangkutan kondensat dihilangkan, kondensat dapat digunakan kembali sebagai air umpan boiler, mengurangi pasokan air dan biaya pengolahan, serta biaya yang terkait dengan air dingin yang digunakan untuk menurunkan suhu kondensat sebelum penjahitan, jika berlaku.

  • Dampak Positif pada Keselamatan dan Lingkungan

Mengurangi kebutuhan bahan bakar boiler melalui pemulihan kondensat menyebabkan lebih sedikit polusi udara dengan menurunkan emisi CO 2 , NO x dan SO x .

Selain itu, jalur pemulihan kondensat juga dapat membatasi awan uap untuk mengurangi kebisingan yang dihasilkan dari pelepasan kondensat atmosfer dan membantu mencegah penumpukan air di tanah, yang secara signifikan meningkatkan lingkungan kerja pabrik.

Bergantung pada jumlah kondensat yang dipulihkan dan digunakan kembali, manfaat lain mungkin termasuk berkurangnya kebutuhan akan penghancuran boiler melalui kualitas air umpan yang lebih baik, dan lebih sedikit korosi dalam sistem karena kualitas air menjadi lebih konsisten di seluruh grid

Perbedaan menggunakan Condensate Recovery vs. tanpa Recovery

Pengoprasian Boiler DENGAN Condensate Recovery

Pengoprasian boiler dengan Condensate Recovery
Jika kondensat tidak dipulihkan, energinya (panas yang masuk akal), pengolahan bahan kimia, dan air terbuang sia-sia, yang mengarah ke bahan bakar yang lebih besar dan biaya terkait air.

Pengoprasian Boiler TANPA Condensate Recovery

Pengoprasian boiler tanpa Condensate Recovery
Menggunakan kembali kondensat sebagai air umpan boiler dapat membantu mengurangi air make-up dan biaya perawatan. Penghematan energi terkait juga dapat membantu secara signifikan mengurangi biaya bahan bakar boiler.

Dengan membandingkan gambar diatas dapat kita ketahui dan simpulkan bahwa, dengan menerakan sistem Recovery Condensate merupakan upaya yang psositif mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Cara Condensate Recovery

Dalam proses Condensate Recovery dapat dilakukan segala cara, yaitu salah satu cara yang terbaik dan free energi yaitu dengan menggunakan sistem Mechanical Condensate Pump. Selain jual boiler unit, kami juga menwarkan paket tambahan untuk proses penghematan energi dengan cara penambahan economizer pada cerobong boiler dan dengan cara memanfaat kondesat dengan cara memasang Mechanical Condensate Pump.

Jual Mechanical Condensate Pump jasa Instalasi nya
Jual Mechanical Condensate Pump jasa Instalasi sistem nya di steam boiler firetube dan firetube

Seperti apa sistem kerja Mechanical Condensate Pump ADCA, jenis pompa ini untuk sistem kerjanya hampir mirip sepeti steam trap, yaitu menampung sementara dan mengeluarkan dengan hasil tekanan dari steam boiler. Yang membedakan yaitu pada Mechanical Condensate Pump sudah kami rancang sedemikian rupa melalui perhitungan yang sesuai pada kondisi buangan kondesat pada steam boiler anda.

Cara Kerja Mechanical Condensate Pump

Seperti apa sistem kerja Condensat pump ? Yaitu dengan cara menampung dondensate steam sementara dan mentransfer balik ke daerator tank atau fedwater tank. untuk lebih detailnya silahkan simak pada video dibawah ini. (Vedieo by : Forbes Marshall)

error: Sales : 0812 8183 6224