03 Nov 2018

Mengenal Bagian-bagian Dari Steam Boiler

Mengenal Bagian-bagian Dari Steam Boiler

Jual Steam Boiler loundry bahan bakar gas dan solarSelamat datang, salam hangat dari kami. kali ini kami akan membahas bagian dari steam boiler. Saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan nama mesin ini. Mesin Boiler steam merupakan mesin pembangkit panas dimana panas yang dihasilkan berupa uap yang bertekanan. Untuk menunjang steam boiler agar bekerja sesuai yang kita harapkan maka ia membutuhkan bagian-bagian inti Dari Steam Boiler atau perlengkapan dari sebuah steam boiler agar didapat fungsi yang maximal dan aman bagi pengguna maupun lingkungan yaitu sebagai berikut.

Peralatan Utama Steam Boiler

  1. Dapur atau Furnace
    Furnace atau ruang bakar pada ketel uap berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses pembakaran bahan bakar .
  2. Drum ketel
    Tempat untuk menampung air umpan yang merupakan bahan baku uap serta  sebagai tempat uap yang telah terbentuk. Selain sebagai tempat penampung air dan uap juga merupakan bodi / casing dari ketel itu sendiri.
  3. Pipa / Tube boiler
    Pipa-pipa didalam boiler yang meneruskan perpindahan panas hasil pembakaran dimana sebagai media laluan gas panas dari furnace.
  4. Burner
    Burner atau sering biasa disebut gun burner merupakan alat pengabut bahan bakar untuk membentuk partikel-partikel kecil dan bercampur dengan udara sehingga mudah terbakar dengan sempurna.
  5. Superheater
    Alat untuk menaikkan suhu uap jenuh dari penguapan air langsung menjadi uap panas lanjut tanpa diikuti kenaikan tekanan.

Perlengkapan Boiler untu Safety ( Safety Devices)

  1. Gelas penduga (Water level indicator)
    Gelas penduga atau disebut water level indicator berfungsi untuk mengetahui tinggi permukaan air didalam ketel agar dapat dapat dikontrol.
  2. Katup pengaman / Safety Valve
    Pada boiler Wanson katup pengaman berfungsi sebagai pencegah terjadinya ledakan yang ditimbulkan oleh tekanan uap yang berlebih pada ketel. Umumnya katup pengaman dibuat dua macam, yaitu: Katup pengaman dengan pembebanan dan Katup pengaman dengan pegas/spring
  3. Alat penunjuk tekanan / Pressure Gauge
    Alat penunjuk tekanan adalah alat yang digunakan untuk menunjukan tekanan uap pada ketel secara langsung
  4. Main Valve dan Check Valve
    Main valve adalah katub saluran utama untuk keluaran uap, sedangkan Check valve berfungsi untuk mencegah aliran balik uap atau air umpan ketel
  5. Lobang Lalu Orang dan Tangan (Main Hole dan Hand Hole)
    Main Hole dan Hand Hole digunakan untuk tujuan perbaikan dan pembersihan bagian dalam drum ketel uap
  6. Pluit bahaya / Flute
    Berfungsi untuk memberikan tanda peringatan kepada operator apabila permukaan air didalam boiler turun sampai batas minimum agar operator dapat mengambiltindakan pengamanan.
  7. Katup/keran pembuangan (Blow Down Valve)
    Berfungsi untuk mengeluarkan kotoran lumpur dan endapan atau sedimen yang terkumpul didasar drum
    ketel. Selain itu juga berfungsi untuk mengurangi level air ketel maupun mengosongkan air ketel apabila diperlukan.
  8. Prop leleh
    Prop leleh dipasang pada plat mahkota dibagian ruang pembakaran. Tujuanya untuk memadamkan api didalam ruang pembakaran ketel lorong api jika permukaan air di dalam ketel turun sampai batas yang membahayaka
error: Sales : 0812 8183 6224