Jual Steam Boiler Solar dan Gas (LPG,PGN,CNG)

Jual Steam Boiler loundry bahan bakar gas dan solarSteam Boiler atau orang menyebut Ketel Uap merupakan sebuah perangkat mesin yang digunakan untuk pembangkit uap dengan menerapkan energi panas ke air. Meskipun definisinya agak fleksibel, dapat dikatakan bahwa Steam Generator umumnya disebut dengan boiler steam yang mampu beroprasi pada tekanan rendah hingga sedang 1-20barg, namun saat ini kami mampu mendesain steam boiler dengan tekanan hingga 90barg. Dimanapun Steam boiler digunakan, bentuk dan ukuran fisiknya tergantung pada aplikasi dan desain setiap vendor.

PT Indira Dwi Mitra memiliki tenaga ahli dalam bidang fabrikasi Steam Boiler. Selain desain stem boiler yang standart dipasaran, kami mampu mendesain custom sesuai permintaan customer. Berikut ini desain standard steam boiler.

Gerneral spesifikasi Steam Boiler

Pilihan bahan bakar :

  • Single Feul Burner :
    • Gas Burner (Gas)
    • Light Oil Burners (Solar)
    • Heavy Oi Burner (Residu)
  • Dual Feul Burner :
    • Gas-Light Oil Burner
    • Gas-Heavy Oil Burner
  • Tungku
    • Kayu
    • Batubara
    • Batok Kelapa
    • Cangkang Sawit

Fungsi dari bagian Watertube Steam Boiler

Seperti halnya unit mesin Industri lainya, mereka dapat berjalan atas susunan beberapa unit part yang diinstal sedemikian rupa sehingga membentuk jad satu kesatuan dari unit mesin. Begitupun pula Steam Boiler juga tersusun dari beberapa jenis part dan dari tiap-tiap bagian part memiliki fungsinya dan peranan masing-masing. Apa saja bagian part steam boiler model miura dari masing-masing komponen tersebut, dibawah ini akan kami jabarkan beserta fungsi dan peranannya:

1. Tungku Pembakaram (Furnace)

Tungku pembakaran atau sering disebut dengan furnace berfungsi sebagai likasi dimana pembakaran dari bahan bakar akan terjadi dan merubahanya sebagai sumber panas untuk memanaskan air didalam steam drum, Pada watertube steam boiler proses penerimaan panas oleh media air dilakukan melalui celah diluar pipa dan air di dalam pipa, Sedangkan untuk pipa boiler tersebut bersentuhan akan langsung  denagn api pada saat didalam tungku pembakaran. Proses perpindahan panas dari ruang bakar dilakukan dengan metode 2 – 3phase jalur pembakaran. Untuk sistem pembakara 2 phase, ruang bakar terbagi atas dua bagian untuk laju si api yaitu dengan cara tahap pertama api dari burner, dan tahap ke dua pantulan dari ujung bawah furnacae kembali keatas dilanjut keluar melalui chimney (cerobong), begitupun untuk yang menggunakan sistem 3phase ada 3 kali pantulan baru udara panas dan api keluar ke lubang chimney.

2. Steam Drum

Steam drum memiliki peranan sangat penting dimana desain dan kalkulasi harus diutamakan karena menyangkut dari boiler itu sendiri. Part ini memiliki fungsi untuk tempat air yang akan dipanaskan sekaligus sebagai penyimpan steam uap dengan tekanan berfariasi tergantung oprarating pressure boiler. Didalam sparepart ini akan terjadi penampungan uap jenuh (saturated steam) beserta air dengan perbandingan antara 50% air dan 50% uap. untuk menghindari agar air tidak terbawa oleh uap, maka dipasangi sekat-sekat, air yang memiliki suhu rendah akan turun ke bawah dan air yang bersuhu tinggi akan naik ke atas dan kemudian menguap.

3. Superheater

Merupakan tempat pengeringan steam, dikarenakan uap yang berasal dari steam drum masih dalam keadaan basah sehingga belum dapat digunakan. Proses pemanasan lanjutan menggunakan superheater pipe yang dipanaskan dengan suhu 260°C sampai 350°C. Dengan suhu tersebut, uap akan menjadi kering dan dapat digunakan untuk menggerakkan turbin maupun untuk keperluan peralatan lain.

4. Air Heater

Komponen ini merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara yang digunakan untuk menghembus/meniup bahan bakar agar dapat terbakar sempurna. Udara yang akan dihembuskan, sebelum melewati air heater memiliki suhu yang sama dengan suhu udara normal (suhu luar) yaitu 38°C. Namun, setelah melalui air heater, suhunya udara tersebut akan meningkat menjadi 230°C sehingga sudah dapat digunakan untuk menghilangkan kandungan air yang terkandung didalamnya karena uap air dapat menganggu proses pembakaran.

5. Dust Collector (Pengumpul Abu)

Bagian ini berfungsi untuk menangkap atau mengumpulkan abu yang berada pada aliran pembakaran hingga debu yang terikut dalam gas buang. Keuntungan menggunakan alat ini adalah gas hasil pembakaran yang dibuang ke udara bebas dari kandungan debu. Alasannya tidak lain karena debu dapat mencemari udara di lingkungan sekitar, serta bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan pada alat akibat adanya gesekan abu maupun pasir.

6. Pengatur Pembuangan Gas Bekas

Asap dari ruang pembakaran dihisap oleh blower IDF (Induced Draft Fan) melalui dust collector selanjutnya akan dibuang melalui cerobong asap. Damper pengatur gas asap diatur terlebih dahulu sesuai kebutuhan sebelum IDF dinyalakan, karena semakin besar damper dibuka maka akan semakin besar isapan yang akan terjadi dari dalam tungku.

7. Safety Valve (Katup pengaman)

Alat ini berfungsi untuk membuang uap apabila tekanan uap telah melebihi batas yang telah ditentukan. Katup ini terdiri dari dua jenis, yaitu katup pengaman uap basah dan katup pengaman uap kering. Safety valve ini dapat diatur sesuai dengan aspek maksimum yang telah ditentukan. Pada uap basah biasanya diatur pada tekanan 21 kg per cm kuadrat, sedangkan untuk katup pengaman uap kering diatur pada tekanan 20,5 kg per cm kuadrat.

8. Gelas Penduga (Sight Glass)

Gelas penduga dipasang pada drum bagian atas yang berfungsi untuk mengetahui ketinggian air di dalam drum. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengontrolan ketinggian air dalam ketel selama boiler sedang beroperasi. Gelas penduga ini harus dicuci secara berkala untuk menghindari terjadinya penyumbatan yang membuat level air tidak dapat dibaca.

9. Pembuangan Air Ketel

Komponen boiler ini berfungsi untuk membuang air dalam drum bagian atas. Pembuangan air dilakukan bila terdapat zat-zat yang tidak dapat terlarut, contoh sederhananya ialah munculnya busa yang dapat menganggu pengamatan terhadap gelas penduga. Untuk mengeluarkan air dari dalam drum, digunakan blowdown valve yang terpasang pada drum atas, katup ini bekerja bila jumlah busa sudah melewati batas yang telah ditentukan.

Beberapa kelebihan dari Desain steam Boiler kami ialah:

  • Mempunyai bentuk yang lebih compact dan portable.
  • Rendahnya Investasi awal dibanding dengan desain Vendor Boiler lainya.
  • Tidak membutuhkan setting khusus sehingga proses pemasangannya mudah dan cepat.
  • Menghemat pemakanan tempat, karena tidak membutuhkan area yang besar untuk 1 ton boiler.
  • Penawaran dengan sistem paket, dimana boiler sudah termasuk asesoris kelengkapan berikut instalasi dan commissionig (User tinggal pakai)

Steam boiler fabrikasi PT Indira Dwi Mitra sangatlah cocok diaplikasikan pada berbagai sektor industri, diantaranya yaitu sbb:

  • Jual Steam Boiler Loundry
  • Jual Steam Boiler Rumah Sakit
  • Jual Steam Boiler Hotel dan apartement
  • Jual Steam Pabrik makanan dan Minuman
  • Jual Steam Boiler Oven Pabrik Kayu plywood
  • Pemanas Crude Palm Oil (CPO)
  • Pemanas Bahan Bakar Kapal (Residu)

Untuk mengirim Inquiry steam boiler, silahkan melalui link dibawah :

error: Sales : 0812 8183 6224